HUT KOTA MALANG KE – 109

31 Maret 2023 - 1:34 PM

SURYAMALANG.COM | MALANG - Pemerintah Kota Malang akan menginjak usia ke-109 pada 1 April 2023. Sejak 2018, Pemkot Malang telah melahirkan sejumlah tema dan logo untuk memeriahkan HUT Pemkot Malang. Pada 2018, Pemkot Malang mengusung tema 'Bertumbuh, Melayani'. Tema tersebut memiliki makna bahwa Kota Malang adalah kota yang terus tumbuh menjadi kota besar dan seluruh komponen di Pemkot Malang berkomitmen tinggi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pada 2019, Pemkot Malang mengusung tema 'Bergerak dalam Harmoni'. Tema ini memiliki makna bergerak dalam keberagaman yang menunjukan identitas Kota Malang sebagai miniatur Indonesia. Banyak warga dari seluruh Indonesia yang datang ke Kota Malang. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa, dan beberapa di antaranya bekerja. Pada 2020, Pemkot Malang mengusung tema 'Satu untuk Malang'. Tema ini bermakna Kota Malang membawakan spirit kebersamaan untuk memajukan kota di berbagai bidang. Tema ini merupakan pengejewantahan salam kebangaan arek Malang yakni Salam Satu Jiwa. Menginjak usia ke-107 atau tahun 2021, Pemkot Malang mengusung tema 'Peduli dan Berbagi'. Logo peringatan HUT ini didesain lebih warna-warni untuk menunjukan kesan ceria dan meriah. Teman 'Peduli dan Berbagi' memiliki makna spirit perjuangan Kota Malang dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19. Kepedulian dari Pemkot Malang untuk melindungi masyarakatnya dan sifat berbagi untuk saling melindungi sesama menjadi kekuatan masyarakat Kota Malang menghadapi pandemi.

Pada peringatan ke-108 pada 2022, Pemkot Malang mengusung tema 'Kolaborasi, Akselerasi, dan Bangkit Bersama'. Tema tersebut merefleksikan semangat kebangkitan dalam bingkai keselarasan langkah mewujudkan visi dan misi pembangunan Kota Malang bermartabat. Dua tahun menghadapi pandemi, banyak yang hal yang harus dibenahi di Kota Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji saat itu menyatakan, optimisme kebangkitan tidak terlepas dari penanganan pandemi yang semakin baik. Itu menjadi modal penting membangun kembali sendi-sendi ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Pada 2023 ini, Pemkot Malang telah memasuki usia ke-109. HUT kali ini bertemakan 'Mandiri, Tangguh, Berkelanjutan'. Secara filosofis, mandiri memiliki makna memantapkan memontum kebnagkitan dan pertumbuhan pasca pandemi yang berbasis penguatan pilar fiskal daerah, ketahanan pangan, keberpihakan pada produk UMKM, daya saing ekonomi kreatif dan potensi lokal Kota Malang.  Dengan tetap mengembangkan prinsip kerja sama untuk kemajuan bangsa.  

Sedangkan makna dari 'Tangguh' yakni bahwa Kota Malang siap untuk menghadapi berbagai disrupsi ekonomi, isu pangan, lingkungan, dan dinamika tahun politik yang akan datang.  Dilandasi dengan modal sosial salam satu jiwa dan penguatan toleransi dalam keberagaman.  Ditunjang transformasi birokrasi yang makin profesional, akuntabel dan responsif bersama peran serta seluruh pemangku kepentingan kota.  

Makna 'Berkelanjutan' berarti periode transisi pembangunan Kota Malang mengusung harapan atas kesinambungan upaya mencapai tujuan-tujuan pembangunan lokal, selaras mendukung agenda prioritas nasional dan regional.  Dan pada gilirannya turut merealisasikan agenda global pembangunan berkelanjutan. (Benni Indo/ADV)

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Perjalanan Tema HUT Kota Malang dari Tahun ke Tahun, https://suryamalang.tribunnews.com/2023/02/23/perjalanan-tema-hut-kota-malang-dari-tahun-ke-tahun.

Penulis: Benni Indo | Editor: rahadian bagus priambodo


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

 1,535,311 total views,  363 views today

Jajak Pendapat

Bagaimanakah menurut Anda tampilan website SMPN21 Malang?

Indonesia Pusaka

Indonesia Pusaka

News

SMP Negeri 21 Malang Resik Resik

Kota Malang Resik-Resik Menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan nomor PV0201/CIII/3143/2024 tanggal 21... Baca selengkapnya

Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)

Sekolah Berbudaya Lingkungan merupakan pengelolaan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang... Baca selengkapnya

Statistik

41

Jumlah Guru

12.000.000

Jumlah Lulusan

850

Jumlah Siswa Aktif

Alamat

Jl. Danau Tigi Kel. Lesanpuro Malang - Telp. 0341 718066

Media Sosial

Kunjungan

 1,535,312 total views,  364 views today